Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Presiden SBY Pimpin Upacara Peringatan Pancasila Sakti

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu. Presiden pada upacara yang akan dimulai pukul 08.00 WIB itu bertindak sebagai inspektur upacara yang dihadiri juga oleh Wakil Presiden Boediono, menteri-menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, pimpinan lembaga negara, serta duta besar perwakilan negara sahabat.

Tema peringatan Hari Pancasila Sakti pada 2011 adalah "Dengan Peringatan Hari Pancasila Kita perkokoh Semangat Persatuan dan Kesatuan Menuju Bangsa Indonesia yang Berkarakter." Upacara peringatan Pancasila Sakti rutin digelar setiap tahun sejak mantan Presiden Soeharto yang saat itu menjabat Panglima Angkatan Darat mengeluarkan surat keputusan tanggal 14 Oktober 1966.
Upacara pertama kali diikuti oleh seluruh angkatan perang terdiri atas unsur angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara. Unsur kepolisian baru dikutsertakan dalam upacara peringatan tersebut setelah Soeharto yang saat itu menjabat Menteri Utama Pertahanan merevisi surat keputusan pada 20 Oktober 1966.
Peringatan Hari Pancasila Sakti dilakukan setelah tragedi berdarah pada 30 September 1965 yang menewaskan enam petinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yaitu, Panglima Angkatan Darat Letjen TNI Ahmad Yani, Mayjen TNI R Suprapto, Mayjen TNI MT Haryono, Mayjen TNI Siswondo Parman, Brigjen TNI DI Panjaitan, Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo, serta ajudan Jenderal TNI AH Nasution Lettu Pierre Tendean dan putrinya Ade Irma Suryani Nasution.
Jenazah mereka yang kemudian diberi gelar pahlawan revolusi itu ditemukan di sebuah sumur di kawasan Lubang Buaya, Pondok Gede, pada 3 Oktober 1965 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih,telah mampir di blog saya.., Saran,kritik dan Komentar anda saya tunggu.